10 Sahabat yang Masuk Surga

Aku mau ngerakum substansi2 penting dari buku 10 Sahabat yang Dijamin Surga karya Solahudin Mahmud As-Sa’id yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia oleh Ali Nurdin dari penerbit Al Qowam, Solo.
1. Definisi sahaabat menurut Ibn Hajar adalah org yg pernah berjumpa dgn Nabi Muhammad solallaahu ‘alaihi wassalam dalam keadaan beriman kepadanya dan meninggal dunia dalam keIslaman.

2. Itu beraarti mencakup orang-orang yang beriman di Mekah,Darun Nadwah, yang ikut hijrah Habasyah, yang dibai’at pada Aqobah I dan II (termasuk kaum Anshar), Muhajirin yg sampai di Quba’ saat membangun masjid, yang ikut perang Badar, yang hijrah pada masa antara perang Badar dan Perjanjian Hudaibiyah, yang masuk Islam antara perjanjian Hudaibiyah dan Fathul Mekkah dan setelahnya, anak2 kecil yg menyaksikan Rasulullah saat Fathul Mekkah dan Haji Wada’ dan sebagainya.

3. Kenapa sih sahabat nabi itu penting banget? Mari simak ayat Qur’an Al-Baqoroh 143: “Dan demikian pula Kami telah menjadikan kamu (umat Islam) umat pertengahan agar kamu menjadi saksi atas perbuatan manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas perbuatan kamu.” Orang2 yang pertama kali masuk ke dalam firman ini adalah para sahabat nabi.

4. Ada pula surat At-Taubah: 100 yg menyatakan “Org2 yg terdahulu lg pertama2 masuk Islam dari golongan Muhajirin dan Anshor dan orang2 yg mengikuti mereka, Allah ridho kepada mereka dan mereka pun ridho kepada Allah. Allah menyediakan bg mereka surga2 yg mengalir sungai2 di dalamnya selama2nya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yg besar.” Ibnu Katsir memaparkan bahwa Allah mengabar keridhoan-Nya pada Muhajirin dan Anshor generasi pertama dan para pengikut mereka dgn baik.” Inilah yang menjadi landasan kita mengapa meneladani para sahabat nabi itu wajib bagi kita. Karena mereka yg pertama kali meneladani Rasulullah secara langsung.

5. Di beberapa hadits pun telah diriwayatkan bahwa “para sahabat adalah para penjaga umatku.” Manusia2 terbaik menurut hadits2 sohih tersebut adalah manusia yang hidup pada generasi Rasulullah, kemudian generasi setelahnya, lalu generasi setelahnya, dan generasi setelahnya (jadi ada generasi sahabat nabi dan 3 generasi setelahnya).

6. Nabi Muhammad solallaahu’alaihi wassalam juga bersabda “Janganlah kalian mencaci para sahabatku. Seandainya salah seorang di antara kalian menginfakkan emas sebesar gunung Uhud, niscaya itu tidak akan bisa mencapai seberat mud atau separuh kebaikan seorang dari mereka.” (HR Bukhari Muslim)

7. Sekarang siapakah 10 sahabat nabi yang dijamin surga oleh Allah? Mereka adalah Abu Bakar As-Shidiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Abu Udaibah bin Al-Jarrah, Zubair bin Awwam, Abdurrahman bin Auf, S’ad bin Abi Waqash, Thalhah bin Ubaidillah, dan Sa’id bin Zaid.

8. Selanjutnya dalam buku ini ditulis secara detail mengenai 10 sahabat tersebut dan kelebihan2 yang mereka miliki.
Segini aja mungkin yang ditulis. Untuk lebih lanjut, silakan beli bukunya. Sayang buku ini mau saya hibahkan dulu pada ayah saya demi misi “diam2” menanamkan kecintaan beliau pada sahabat2 nabi. Hehehe. Soalnya Papa tahu syi’ah sesat tapi dia belum berani katakan syi’ah bukan Islam. Jadi saya tanamkan dulu saja pemahaman dan kecintaan pada sahabat2 nabi. Jadi nanti kalau ada org2 syi’ah yg coba2 pengaruhi bapak saya, setidaknya dia sdh punya schema ttg 10 sahabat nabi yg dijamin masuk surga ini dan ga nurut2 aja disuruh melaknat sahabat2 nabi seperti banyak org yg sudah terjebak ajaran syi’ah. Hehehehe. :P

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar

say something :)