Mursi, Presiden yang Hafal Qur'an

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Assalamu'alaikum warrohmatullaahi wabarokaatuh

Kali ini saya akan membahas buku Dr. Mursi Presiden yang Hafal Qur'an yang ditulis oleh Hepi Andi Bastoni, Mufid Haries, Akmal Sjafril, Zullkifli, dan Setyobudi. Sebenarnya buku ini saya beli di salah satu event ITJ tahun lalu, tp sekarang bukunya diminta gatse8, jd saya mau tulis dulu garis besar isi dan hikmah yang saya ambil dr buku ini sebelum berpisah dengannya. huhuhu.

Buku ini tidak hanya menceritakan tentang kisah hidup Muhammad Mursi dari sejak beliau masih kecil, mendapatkan pendidikan yang layak baik pendidikan Islam maupun ilmu dunia, dan akhirnya menjadi presiden Mesir (saat itu beliau belum dikudeta). Buku ini juga menceritakan secara garis besar bagaimana revolusi terjadi di Mesir, perjuangan Ikhwanul Muslimiin selama bertahun2 utk tegakkan pemerintahan yang Islami, dan bagaimana Mesir sebagai negara dgn jumlah Muslim yg banyak pernah memiliki hubungan yang erat dengan Indonesia disebabkan ikatan aqidah yang sama.

Melalui buku ini saya mengetahui bahwa masa kecil Mursi sangat sederhana, namun itu tidak membuatnya menyerah untuk mempelajari ilmu fardhu'ain (Islam) dan fardhu kifayah (dunia). Melalui buku ini saya juga mengetahui bahwa beliau pernah menimba ilmu di California, Amerika Serikat dan bersama istri dan anak2nya pernah sempat tinggal di sana. Yang menarik adalah, tinggal di negara sekuler tidak menjauhkan dia dari Islam karena dia tetaplah seorang hafidz yang soleh.

Melalui buku ini saya juga mengetahui bahwa istri Mursi dan anak2nya juga para penghafal Qur'an. Ini menunjukan bahwa beliau pun menunaikan kewajibannya sebagai pemimpin keluarga dengan baik, dengan mengajarkan istri dan anak2nya Al-Qur'an, sebuah pegangan hidup yang akan menjaga mereka dalam situasi apapun (termasuk dalam situasi sulit saat kudeta seperti ini mungkin). Melalui buku ini juga saya mengetahui bahwa beliau adalah seorang dosen yang tegas dan disiplin tapi juga sangat berkomitmen untuk membantu anak-anak didiknya untuk mendapatkan ilmu dan pendidikan yang baik. Beliau pun lebih memilih mengabdi untuk pendidikan rakyat Mesir meskipun Amerika pun juga menginginkan jasanya.

Melalui buku ini, saya mengetahui bahwa beliau memutuskan bergabung dengan Ikhwanul Muslimin bukanlah karena ambisi menjadi presiden, tetapi karena ingin memperjuangkan Islam. Ini dibuktikan saat masa kepemimpinannya, dia memperjuangkan hukum Islam, membuka jalur Rafah yang mempermudah bantuan ke Palestina, dan bahkan terakhir yg tdk ditulis buku ini, beliau juga tegas mendukung jihad ahlusunnah di Suriah. Ini menunjukan kekuatan Ukhuwah Islamiyah-nya tidak sebatas Mesir semata.

Melalui buku ini, saya melihat banyak sekali sisi baik dari Mursi yang tidak akan saya lihat di media2 mainstream yang cenderung mengeksploitasi kekurangan beliau dan menutupi kebaikan2nya. Melalui buku ini, saya belajar mengenal Mursi seperti seorang saudara yang sama2 memiliki pandangan hidup Islam dan ingin menegakkannya (meskipun saya tidak setuju bila cara penegakannya melalui demokrasi) dan saya sangat bersyukur bahwa saudara Muslim kami di Mesir pernah memiliki pemimpin sebaik dia (yang kemudian disia2kan oleh orang2 liberal yang hanya ingin melihat Mursi dari halusinasinya sendiri. Mereka sering berimajinasi bahwa pria ini begitu buruk padahal tidak).

Buku ini sangat direkomendasikan untuk orang2 yang saat ini salah paham terhadap Mursi karena racun2 dari media2 sekuler. Di bagian akhir buku ini, kita juga diajak untuk mengingat hubungan mujahidin Mesir dan Indonesia yang sangat dekat. Pada tahun 40an dulu, mujahidin Mesir solat gaib utk syuhada Indonesia yang gugur di pertempuran2 mempertahankan kemerdekaan padahal mereka belum bertemu sebelumnya. Bagi mereka, kenyataan bahwa sebuah negara mayoritas Muslim nan jauh di sana dapat merdeka dan sedang berjuang mempertahankan kemerdekaannya sangat memotivasi bangsa Mesir untuk lepas dari jeratan kolonialisme juga.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar

say something :)