Kebiasaan-Kebiasaan Nabi Seputar Solat

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Assalamu'alaikum warrohmatullaahi wabarokaatuh

Kali ini saya akan membahas kebiasaan-kebiasaan Nabi Muhammad solallaahu'alaihi wassalam yang telah saya baca dari buku 165 Kebiasaan Nabi karya Abduh Zulfidar Akaha yang diterbitkan Pustaka Al Kautsar. Ada berbagai macam kebiasaan nabi yang dibahas di buku ini, namun yang akan saya sampaikan di blog ini hanyalah kebiasaan-kebiasaan beliau terkait Solat. Semua kebiasaan nabi yang ditulis di buku ini memiliki hujjah dari Qur'an dan Hadits sohih/hasan, Insya Allah. Untuk kebiasaan2 yang lain, silakan beli saja bukunya di toko2 buku terdekat. hohoho.

Kebiasaan2 nabi seputar solat di antaranya:

1. Selalu solat sunnah fajar dan meringankan solat sunnah tersebut. Aisyah rodhiallaahu anha berkata bahwa "Sesungguhnya Nabi Solallaahu'alaihi wasallam tidak pernah meninggalkan empat rokaat sebelum solat zuhur dan 2 rokaat sebelum Subuh." (HR Al Bukhari). Bahkan di riwayat lain dituliskan bahwa nabi solallaahu alaihi wasallam sendiri bersabda "Dua rokaat fajar lebih baik daripada dunia dan segala yang ada di dalamnya." (HR Muslim). Tidak hanya itu, beliau juga meringankan solat sunnah fajar. Bahkan Aisyah rodhiallaahu anha sering melihat beliau solat sunnah fajar dengan cepat hingga sang istri bertanya2 apakah sang nabi membaca Ummul Kitab (Al Fatihah) untuk solat sunnahnya. Maksudnya bukannya nabi tidak membaca Al Fatihah, tapi beliau mempercepat solat sunnah fajar dan hanya membaca surat2 pendek saja utk solat tersebut. Biasanya surat yang dibaca nabi saat solat sunnah fajar adalah Al Kafirun dan Al Ikhlas.

2. Nabi solallaahu alaihi wasallam sering berbaring sejenak setelah solat sunnah fajar dengan bertumpu pada bahu kanannya

3. Nabi solallaahu alaihi wassalam selalu solat sunnah empat rokaat sebelum zuhur dan bila tidak sempat melakukannya, beliau akan solat sunnah setelah zuhur (sering kali juga solat sebelum dan sesudah zuhur). Ini disebabkan karena waktu zuhur adalah waktu dibukanya pintu2 langit, sehingga Rosulullah solallaahu alaihi wasallam senang bila amal soleh diangkat saat itu.

4. Rosulullah solallaahu alaihi wasallam solat sunnah 2 rokaat atau 4 rokaat sebelum Ashar, sesuai hadits2 yang diriwayatkan Ali bin Abi Tholib rodhiallaahu anhu.

5. Rosulullah solallaahu alaihi wasallam juga solat sunnah 2 rokaat setelah solat Maghrib dan Isya

6. Rosulullah solallaahu alaihi wasallam sering mengakhirkan solat Isya. Bahkan beliau pernah bersabda "Sekiranya tidak memberatkan umatku, akan aku perintahkan mereka mengakhirkan solat Isya hingga sepertiga malam atau separuhnya. " (HR At-Tarmidzi).

7. Rosulullah solallaahu alaihi wasallam juga punya kebiasaan memanjangkan rokaat pertama dan memendekkan rokaat kedua. Jadi biasakan surat yang dibaca di rokaat pertama lebih panjang daripada yang dibaca di rokaat kedua.

8. Rosulullah solallaahu alaihi wasallam selalu bangun untuk solat malam dan melaksanakan 2 rokaat ringan sebelum solat malam. Selanjutnya, beliau akan memanjangkan solat malamnya. Nabi tidak pernah solat malam lebih dari 11 rokaat. Biasanya format yang digunakan adalah 4-4-3 atau 2-2-2-2-2-1. Rokaat ganjil terakhir adalah solat witir.

9. Nabi Muhammad solallaahu alaihi wasallam juga sering menyikat gigi ketika bangun malam sebelum melaksanakan solat. Bahkan beliau pernah bersabda, "Sekiranya tidak memberatkan umatku, niscaya akan aku perintahkan mereka untuk menggosok gigi setiap hendak solat." Tapi ini tidak wajib dilakukan karena memang Allah subhanaahu wata'aala telah memahami situasi umat Muslim di berbagai tempat di segala masa bahwa sering kali kita tidak sempat bersiwak/sikat gigi dalam banyak kondisi darurat. Oleh karena itu, hanya wudhu' saja yang diwajibkan. Namun, kebiasaan menggosok gigi ini juga amat baik jika sering dikerjakan.

10. Nabi Muhammad solallaahu alaihi wasallam membaca surat Al A'la pada rokaat pertama, Al Kafirun pada rokaat kedua, dan Al Ikhlas pada rokaat ketiga ketika solat Witir.

11. Nabi Muhammad solallaahu alaihi wasallam mengganti solat malamnya di siang hari jika berhalangan (sakit, dsb).

12. Rosulullah solallaahu alaihi wasallam solat dhuha 4 rokaat, seperti yang dinyatakan oleh Aisyah Rodhiallahu anha: "Rosulullah solallaahu alaihi wasallam solat dhuha 4 rokaat dan beliau menambah berapapun yang dikehendaki Allah." (HR Muslim). Dengan kata lain, sering kali beliau solat dhuha 4 rokaat, namun kadang2 lebih dari 4 rokaat. Di hadits lain pun, Rosulullah solallaahu alaihi wasallam juga menganjurkan umatnya mengerjakan solat dhuha 2 rokaat.

13. Nabi solallaahu alaihi wasallam juga tetap duduk hingga matahari bersinar setelah solat subuh (tidak tidur lagi).

14. Nabi solallaahu alaihi wasallam merapatkan dan meluruskan saf sebelum solat jama'ah dan menganjurkan solat berjamaahh di shaf pertama.

15. Nabi solallaahu alaihi wasallam mengangkat kedua tangan saat takbiratul Ihram, akan ruku' dan bangun dari ruku'. Beliau juga meletakkan tangan kanan atas tangan kiri ketika berdiri membaca Al Fatihah dan surat2 lain. Beliau juga mengarahkan pandangan ke tempat sujud ketika solat, memberi isyarat dengan telunjuk ketika tasyahud dan mengarahkan pandangan pada telunjuk tersebut, meringankan tasyahud pertama (hanya sampai syahadat, tidak menambah solawat nabi dst), meringankan solat berjamaah, menghadap ke arah kanan setelah solat jamaah, bersegera ke masjid ketika waktu solat, memperbaharui wudhu ketika akan solat (meskipun bila wudhu tidak batal, kita tdk perlu wudhu lagi), tidak mensolatkan jenazah yg masih berhutang (sebelum dilunaskan hutangnya oleh keluarga atau yg lain), menancapkan tombak sebagai pembatas jika solat di tanah lapang, dan mengajari solat pada orang yang baru masuk Islam.

Demikian beberapa kebiasaan nabi seputar solat. Semoga kita dapat mencontoh kebiasaan2 beliau dalam kehidupan sehari2.





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar

say something :)