Movement

wowowowowow

kayaknya saya akan menulis lebih dari 2 entri blog hari ini.
tadi pagi2 buta udh ngepost soal favourite things yg ingin saya ingat2 terus untuk membangkitkan semangat kuliah saya yang sudah mulai luntur di detik2 terakhir saya kuliah.

Nah, sekarang ada sedikit pencerahan lagi. Pertama: karena hari ini Tahun Baru Hijriah. Kedua: karena akhirnya hari ini aku menonton New Moon *hehehehhe maaf ya twilight haters XD

tp untuk kali ini saya ingin memulai dengan hikmah yang saya dapat dari beberapa artikel yang saya baca mengenai Tahun Baru Hijriah.

Yah, kita tahu kalau tahun baru Hijriah itu ditandai dengan hijrahnya Rasulullah saw. ke Madinah karena terlalu banyak tekanan untuk menyebarkan agama Islam di Mekah.

Dari proses "hijrah" ini saya merasa bahwa Islam itu begitu adil. Karena, Rasulullah saw. berusaha keras menyebarkan agama Islam di kota kelahirannya. Akan tetapi, beliau dan pengikutnya malah dimaki, difitnah, disakiti, disiksa, dibunuh, dsb. Mereka tidak melawan. Mereka malah memutuskan untuk "berpindah" ke tempat di mana orang-orang lebih mau menerima mereka.

Jadi sebenarnya, Rasulullah saw. pun saat menghadapi konfrontasi dari pihak yang tidak sependapat, beliau tidak melawan dan menyerang secara frontal, tapi tidak juga mengalah dan berdamai. Karena bagaimanapun juga ia tetap meyakini Islam, sesuatu yang menjadi masalah bagi orang-orang yang tidak bisa menerima beliau. Jalan keluar terbaik yang diajarkan Rasulullah saw. adalah berpindah ke tempat di mana orang2 lebih menawarkan kedamaian dan mau dengan senang hati menerima Islam.

Kupikir, "berpindah" adalah jalan yang cukup tepat bagi saya saat ini. Maksud saya, saya ini adalah tipe orang yang sangat dibenci orang lain, sama seperti Islam di mata orang2 Quraisy saat itu. Tapi bagaimanapun bencinya orang2 itu terhadap saya, apapun yang mereka lakukan pada saya, saya sebaiknya tidak menyerang mereka secara frontal. Saya sebaiknya menghindari mereka saja dan berpindah pada orang-orang yang lebih mau menerima saya apa adanya.

Jadi, bullsh** lah itu orang2 yang bilang kalau Islam itu harus radikal, harus menyerang, harus fanatik, dsb.

Ada prosesnya untuk mencapai kata "jihad dan perang." Seperti saat Rasulullah saw. dan umatnya disksa, mereka bersabar terlebih dahulu, kemudian mereka berhijrah, kemudian setelah mereka masih dimusuhi (bahkan setelah berhijrah), maka mereka berperang. Umat Islam itu seharusnya memang tidak lemah dan tidak tunduk pada musuh, tetapi umat Islam juga hanya menyerang bila diserang.

You know, I think I love him even more. You know, my Prophet, Muhammad saw.
He's unbelievable.

Jadi, sekali lagi saya mengucapkan Selamat Tahun Hijriah bagi teman2 sesama Muslim. Semoga kita semua bisa "berhijrah" ke arah yang lebih baik dalam hidup ini. :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar

say something :)