Still On My Undergraduate Thesis :: Facts About Ukraine


Baiklah, saya akan membahas tentang skripsi lagi. Jangan bosen ya. *Tapi nampaknya tidak ada juga yang memperhatikan blog saya, jadi saya mau teriak2 hal gajebo di sini juga tidak apa2. Asiiik!!! Sudah lama aku tidak merasa seperti ini! Untung pindah blog! (Lompat2 di kasur) XD

Jadi, seperti yang saya jelaskan sebelumnya, skripsi saya membahas tentang tindak tutur dan implikatur antara tokoh Alex Perchov dan Jonathan Foer dalam film Everything is Illuminated. Tepatnya, saya membahas tentang kegagalan tindak tutur dan implikatur yang sering terjadi di antara mereka berdua karena perbedaan budaya di antara mereka. Karena itulah, saya pun mau tidak mau harus mencari tahu beberapa hal tentang kebudayaan Ukraina (yang menjadi latar budaya tokoh Alex) dan kebudayaan Amerika serta sedikit kebudayaan Yahudi (yang menjadi latar budaya tokoh Jonathan).

Kalau soal Amerika dan Yahudi, saya sebenarnya tidak terlalu terkejut. Beberapa dari informasi mengenai kebudayaan Amerika dan Yahudi sudah saya ketahui sebab memang selama saya belajar di Program Studi Inggris UI, saya harus mempelajarinya.

Yang jauh lebih menarik bagi saya adalah mengetahui Kebudayaan Ukraina, negara yang selama ini hanya saya ketahui sebagai negara pecahan Uni Soviet yang beribukota Kiev. Ya, selama ini hanya itu saja yang saya tahu tentang Ukraina. Period. That's all.

Jadi, berikut ini adalah beberapa informasi baru mengenai Ukraina yang saya ketahui berkat mengerjakan skripsi:

1. Generasi muda Ukraina tertarik dengan Amerika karena Amerika adalah musuh dari musuh mereka (Uni Soviet, yang dianggap penjajah). Dukungan Amerika sangat berpengaruh bagi pengakuan kedaulatan mereka pada awal tahun 1990-an.

2. Di Ukraina sering terjadi sentimen antar etnis. Suku asli Ukraina adalah Slavia, dan orang dari etnis Slavia biasanya tidak menyukai orang2 dari etnis lain (Armenia, Turki, Hungaria, dsb) begitu pula sebaliknya.

3. Di Ukraina juga sering terjadi kecemburuan sosial antara orang desa dan orang kota (sama saja sih dengan di sini).

4. Meskipun demikian, kebencian dan sentimen yang sangat besar ditujukan pada ras Yahudi. Hal ini disebabkan karena orang Ukraina menganut agama Kristen Ortodoks dan dalam agama Kristen, orang Yahudi adalah musuh Kristus (yang melaporkan pada orang Romawi hingga Kristus disalib? CMIIW). Selain itu, kebencian terhadap Yahudi juga dipicu oleh status orang-orang Yahudi yang menjadi Tuan Tanah di Ukraina.

5. Di Ukraina, perempuan memang mendapatkan diskriminasi dalam pekerjaan-pekerjaan tertentu. Perempuan dianggap paling berharga bila mengurus dan menjaga rumah tangga (jadi pekerjaan sebagai wanita karier dianggap mengganggu).

6. Orang Ukraina juga tidak menyukai homoseksual karena bertentangan dengan tradisi mereka.

7. Orang Ukraina suka makan daging (oh, ini udh saya sebutkan ya di post sebelumnya) XD

Udah deh... segitu dulu. Apa hubungannya dengan tindak tutur dan implikatur? Tidak dapat saya jelaskan lebih lanjut. Nanti saja kalau sidang. wkwkwkkw. XD

Doakan ini skripsi cepat selesai ya T___T

oh, ya kelupaan. Saya juga baru tahu kalo orang Ukraina itu emg suka menanam bunga matahari. Terus mereka juga bisa bikin minyak dari bunga matahari? (??? :O) Tapi kelihatannya banyak ditentang sama Uni Eropa. Nggak ngerti kenapa (ini bukan bagian dari tindak tutur dan implikaturnya sih makanya tidak kucari tahu lebih lanjut).

Oke deh, ini kuberikan saja gambar bunga matahari, bunga favoritku yang terkenal di Ukraina :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar

say something :)